Bagaimana Cara Mengetahui Asbabun Nuzul

Bagaimana Cara Mengetahui Asbabun Nuzul

Asbabun Nuzul tidak bisa diketahui semata-mata dengan akal (rasio), tidak lain mengetahuinya harus berdasarkan riwayat yang shahih dan didengar langsung dari orang-orang yang mengetahui turunnya Al-Qur'an, atau dari orang-orang yang memahami Asbabun Nuzul, lalu mereka menelitinya dengan cermat, baik dari kalangan sahabat, tabi'in atau lainnya. dengan catatan pengetahuan mereka diperoleh dari ulama-ulama yang dapat dipercaya. 
Ibnu Sirin mengatakan saya pernah bertanya kepada Abidah tentang satu ayat Al-Qur'an, beliau menjawab: "Bertaqwalah kepada Allah dan berkatalah yang benar sebagaimana orang-orang yang mengetahui dimana Al-Qur'an turun".
Cara mengetahui Asbabun Nuzul berupa riwayat yang shahih adalah:
  1. Apabila perawi sendiri menyatakan lafazh sebab secara tegas. Dalam hal ini tentu merupakan nash yang nyata, seperti kata-kata perawi, "sebab turun ayat ini begini.........."
  2. Bila perawi menyatakan riwayatnya dengan memasukkan huruf "fa' ta'qibiyah" pada kata "Nazala" seperti kata-kata perawi":

riwayat yang demikian juga merupakan nash yang sharih dalam sebab Nuzul
Terkadang ada suatu bentuk ungkapan yang tidak menyatakan Sebab Nuzul yang tegas seperti kata-kata perawi:

Kadang-kadang yang dimaksud dengan ungkapan tersebut adalah sebab turun, tetapi kadang-kadang pula menyatakan hukum yang terkandung dalam ayat seperti halnya az-Zarkasi dalam kitabnya Al-Burhan mengatakan "biasanya tradisi shahabat dan tabi'in bila " " mengatakan"" maksudnya adalah bahwa ayat ini adalah mengandung hukum ini bukan menyatakan suatu sebab Nuzul. Ibnu Taimiyah mengatakan: "kata-kata mereka " " terkadang menyatakan suatu sebab turun dan terkandung pula menyatakan kandungan hukum meskipun sebabnya tidak ada.

Sumber: http://www.cybermq.com/

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Bagaimana Cara Mengetahui Asbabun Nuzul"

Posting Komentar

Google

Followers