Islam dan Perempuan di Masa Kini

Sungguh mengherankan apabila kita melihat perempuan masa sekarang dibanding dengan perempuan di masa silam. Dahulu kita bisa membedakan mana perempuan yang muslim dengan perempuan yang non-muslim. Tapi sekarang, sungguh tidak terbayangkan, kita sudah tidak bisa membedakannya lagi.

Para perempuan sekarang kebanyakan lebih mengikuti budaya orang Barat atau bisa dikatakan budaya orang-orang kafir, seperti dalam hal berpakaian, perempuan sekarang banyak yang lebih memilih untuk memakai pakaian yang serba minim, sehingga tidak jauh beda dengan mereka-mereka yang kafir.

Yang lebih mengejutkan lagi banyak perempuan yang memiliki kepribadian ganda. Maksudnya adalah seorang perempuan akan berpakaian yang sesuai dengan agama Islam pada saat tertentu, seperti di sekolah-sekolah, kampus, dan lain-lain; dan pada saat tertentu, mereka berpakaian yang sangat tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Yang jadi pertanyaan adalah:

1. Siapa yang sebenarnya bertanggung jawab atas semua itu?
2. Siapa yang bersalah atas semua itu?
3. Bagaimana caranya agar kita dapat memperbaiki umat Islam di masa sekarang ini?

Kalau mencari siapa yang salah, maka banyak yang dapat disalahkan. Seperti para orang tua yang tidak dapat mendidik anak mereka dengan baik. Mereka (para orang tua) hanya sibuk dengan urusan mereka masing-masing tanpa memikirkan bagaimana 'nasib' anak mereka di akhirat kelak.

Banyak orang tua yang tidak tahu begaimana cara mendidik anak. Mereka hanya bisa 'memproduksi' anak, tetapi tidak bisa 'memelihara' mereka dari hal-hal yang bisa menyebabkan mereka (anak-anak) jatuh ke lembah dosa.

Seharusnya sebagai orang tua, sebelum 'memproduksi' anak, --bahkan sebelum menikah-- mereka harus mengetahui bagaimana cara memelihara dan mendidik anak --terutama mereka harus mengetahi ilmu agama-- agar mereka tidak 'salah didik' dalam mendidik anak mereka.
Kemudian salah satu hal yang cukup berperan dalam 'mendidik' anak agar menjadi anak yang tidak 'salah didik' adalah Sekolah. Kenapa? Karena anak banyak menghabiskan waktunya di sekolah dan di sekolahlah anak mendapatkan ilmu pengetahuan, penmgalaman, wawasan, keterampilan, dan lain-lain.
Oleh karena itu, para guru harus bisa mendidik anak didik mereka dengan benar, agar menjadi anak yang baik, yang tidak 'salah didik', yang berguna, dan lain-lain.
Kemudian materi pelajaran. Sekarang materi pelajaran agama dirasa sangat kurang. hal ini terbukti dari banyaknya orang yang tidak melaksanakan sholat dengan benar, tidak bertata krama yang baik, tidak berbicara dengan sopan, dan lain-lain yang sangat tidak sesuai dengan ajaran agama Islam yang telah diajarkan oleh Nabi kita Muhammad saw.
kalau kita cermati dengan benar, "kenapa banyak orang yang tidak bisa melaksanakan sholat dengan benar?" Padahal shoilat adalah salah satu dari rukun Islam yang Lima, dan sholat adalah amal ibadah yang dilaksanakan lima kali dalam sehari. "Mengapa masih banyak orang yang "salah" dalam mengerjakan sholat?".
Hal itu dikarenakan oleh sebab mereka kurang mendalami pelajaran agama atau bahkan tidak pernah diajarkan kepada meraka tentang pengetahuan agama. Mereka melaksanakan sholat hanya "turut-turutan" saja. Mereka tidak mengetahui dengan jelas bagaimana cara melaksanakan sholat atau ibadah yang lain dengan benar sesuai dengan ajaran agama Islam.
Sebenarnya kita tidak perlu menyalahkan siapa-siapa dalam hal ini. Tapi yang harus kita lakukan adalah mensyi'arkan agama Islam, mengajarkan ajaran agama Islam kepada anak-anak kita, mengamalkan ajaran agama Islam dengan semestinya, dan masih banyak lagi hal lainnya yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki umat Islam sekarang ini.
Para orang tua harus mendidik anak mereka agar menjadi anak yang 'tahu' dengan ajaran agama Islam agar anak mereka dapat meneruskan agama Islam di masa yang akan datang. Karena siapa lagi kalau bukan merekan yang akan meneruskan agama kita ini.
Dan di sekolah-sekolah seharusnya juga diperbanyak pelajaran yang berhubungan dengan agama Islam --terutama sekolah-sekolah Islam--. agar setelah mereka lulus dari sekolah, mereka dapat menjadi orang yang berguna di masyarakat, dan meneruskan ajaran agama Islam.
Mungkin hanya itu saja yang dapat saya tulis dalam blog saya ini. Kalau ada salah dan khilaf, saya memohon maaf. Kesempurnaan hanyalah milik Allah semata, apabila ada kesalahan dan kekurangan, maka hanya itulah yang saya miliki.

----Wassalam----

--- qastha al hikmah ---

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Islam dan Perempuan di Masa Kini"

Posting Komentar

Google

Followers